Istana Duga Ada Motif Politik di Balik Isu Tenaga Kerja Cina

0 views
banner 300x280
Suaracitizen.com - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki menduga ada motif politik di balik isu masuknya jutaan pekerja asing asal Cina ke Indonesia.
Ia membaca seolah ada upaya untuk membuat persepsi di masyarakat bahwa Indonesia akan didominasi oleh orang-orang dari negeri Tiongkok tersebut.
"Saya kira ada motif politik untuk menunjukkan seolah-olah ada dominasi Tiongkok terhadap ekonomi Indonesia," ujarnya, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/12).
Padahal, ia memaparkan, jika dibandingkan dengan Jepang, investasi yang dimiliki Cina di Indonesia selama bertahun-tahun jumlahnya tidak lebih besar daripada investasi milik negeri Sakura tersebut. Teten meyakini, hingga saat ini pun Jepang masih menjadi investor nomor satu di Indonesia.
Menurutnya, jika pemerintah sedang gencar menarik investasi dari Cina hal itu harusnya dipandang positif. Sebab, peluang untuk melakukan kerja sama bisnis baru jadi lebih terbuka lebar sehingga Indonesia tak dikendalikan oleh salah satu kekuatan ekonomi dunia.
Terlepas dari hal itu, Teten memastikan bahwa pemerintah tak akan tinggal diam atas beredarnya isu-isu liar di media sosial mengenai tenaga kerja asing asal Cina. Menurutnya, polisi juga telah mengantongi nama-nama pemilik akun di media sosial yang pertama kali memunculkan isu pekerja Cina dengan menyertakan data-data palsu. (rol)
banner 300x280