Anak Amerika Tawarkan Rumahnya untuk Anak Pengungsi Suriah

Posted on
Alex, seorang anak di New York, AS, menulis surat untuk Presiden Barack Obama untuk menawarkan rumahnya bagi anak pengungsi yang terluka akibat serangan udara di Aleppo, kota terbesar kedua di Suriah.
Alex, seorang anak di New York, AS, menulis surat untuk Presiden Barack Obama untuk menawarkan rumahnya bagi anak pengungsi yang terluka akibat serangan udara di Aleppo, kota terbesar kedua di Suriah.

Seorang anak berusia enam tahun di Amerika Serikat menulis surat kepada Presiden Barack Obama.

Ia menawarkan rumahnya untuk anak pengungsi yang difoto dalam kondisi terluka dan linglung di dalam ambulans di Aleppo, Suriah.

Alex, yang tinggal di kota New York, menulis surat setelah melihat foto Omran Daqneesh yang berdarah dan tampak linglung.

Foto tentang Omran itu telah menjadi viral, menyebar ke seluruh dunia, dan mendorong kemarahan internasional atas perang di Suriah.

Obama mengatakan surat itu berasal dari seorang anak yang ‘tidak belajar untuk sinis, atau curiga, atau takut’.

Video yang merekam Alex membaca surat untuk Presiden Obama sudah diterbitkan di Facebook dan sudah disebar sampai 60.000 kali.

“Presiden Obama yang terhormat, ingat anak laki-laki yang dibawa ambulans di Suriah,” kata Alex membuka suratnya dalam video yang diterbitkan Gedung Putih.

“Bisakah tolong Anda menjemputnya dan membawanya ke rumah kami … kami akan menunggu kalian dengan bendera, bunga, dan balon,” tulisnya.

“Kami akan memberi keluarga untuknya dan dia akan menjadi saudaraku,” katanya.

Obama mengutip surat Alex dalam pertemuan puncak PBB tentang pengungsi awal pekan ini sebelum Gedung Putih merekam Alex membaca langsung suratnya.

“Kita semua seharusnya seperti Alex,” kata Obama.

Presiden AS itu juga mendesak negara-negara maju untuk memberi bantuan lebih banyak untuk menghadapi krisis Suriah.

Agustus lalu, Gedung Putih mengatakan, 10.000 pengungsi sudah diterima di AS sepanjang 2016 dan akan menampung 110.000 lagi pada tahun keuangan 2017.